Rabu, 06 Januari 2010

Old School

" Masa muda,,masa yang berapi-api - H. Rhoma Irama "

Hihihihi,,udah pada nonton Sang Pemimpi?? Satu kalimat yang di pekikkan Ikal muda dalam salah satu adegan di film tersebut. Sewaktu membaca novelnya kesan lucunya kurang terasa namun saat melihatnya dalam film tersebut aku tertawa terpingkal-pingkal di bisokop. Membuatku teringat akan masa-masa SMU dulu, saat kita mulai proses pendewasaan diri dan menemukan jati diri. Oleh karena itu aku ingin menceritakan SMU tempat dimana aku belajar menimba ilmu.

SMU ku terletak di jantung kota Semarang, beralamat di Jalan Menteri Soepeno No 1 kelurahan Mugassari Semarang. Lokasinya tepat di belakang kantor Gubernur Jawa Tengah dan dekat sekali dengan Simpang 5 yang merupakan salah satu ikon dan pusat perbelanjaan di Semarang. Jadi kalau bolos sekolah bisa jalan-jalan ke mall ga perlu naik angkot lagi. hehehehe... SMU ku ini sangat bersejarah loh. Ini dia sejarahnya.
SMU 1 Semarang pada masa penjajahan Belanda(tampak samping)

SMA Negeri 1 Semarang merupakan salah satu bangunan kuno bersejarah di Kota Semarang yang berlokasi di Jalan Taman Menteri Supeno. Bangunan ini di bangun oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1936 - 1938 dan diresmikan pada tahun 1939. Bangunan ini merupakan pengembangan dari HBS V (sekolah jaman Belanda) yang telah didirikan sebelumnya di Jalan Pemuda (sekarang SMA Negeri 3 Semarang). Diresmikan oleh Gubernur Hindia Belanda Tjarda van Starkenborg Stahoudi, dengan pesta kembang api yang meriah pada tahun 1939.

Tahun 1942, bangunan ini dikuasai oleh tentara Jepang dan dijadikan Asrama sekolah Pendidikan Tentara Jepang sampai dengan Jepang takluk pada Sekutu (tahun 1945). Setelah Belanda mengambil alih gedung ini,fungsinya diubah menjadi Rumah Sakit Tentara Belanda. Dan pada tahun 1946, fungsinya diubah lagi menjadi sekolah lagi yaitu HBS (Hegere Burger School), AMS (Algement Middlebure School), VHO (Voorbereidend Hoger Onder Wijs), MS (Middlebare School).

Baru pada tanggal 12 Desember 1949 setelah pemerintah Belanda menyerahkan kepada Pemerintah Indonesia, Sekolah ini resmi menjadi Sekolah Menengah Tingkat Atas. Pada tahun 1949-1950 untuk SMA A dan SMA B, SMA A kemudian pindah ke Jl. Pemuda dan sekarang menjadi SMA Negeri 3. Pada tahun 1956/1967 SMA B dipecah menjadi SMA B.1 dan SMA B.2 dimana pada tahun 1960/1961 SMA B.1 diubah menjadi SMA I dan SMA B.2 menjadi SMA II dengan jurusan PAS, PAL, SOS dan BUD.
Pada tahun 1969/1970 SMA I dan SMA II digabung menjadi SMA I-II dengan satu kepala sekolah. Dan tahun 1977/1978 SMA I-II dipecah menjadi SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 yang kemudian pindah menempati gedung baru di Jalan Sendang Baru Semarang. Pada tahun 1978-sekarang untuk SMU Negeri 1 Semarang.
Sejarah Singkat SMU Negeri 1 Semarang
* Gedung ini mulai dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1937
* Pada tanggal 1 Agustus 1939 - 1942 digunakan untuk HBS
* Pada tahun 1942 - 1945 untuk Asrama Sekolah Pendidikan Tentara Jepang
* Pada tahun 1945 untuk Rumah Sakit Tentara Belanda
* Pada tahun 1946 - 1949 untuk HBS (Hegere Burger School), AMS (Algement Middlebure School), VHO (Voorbereidend Hoger Onder Wijs), MS (Middlebare School).
* Pada tahun 1949/1950 untuk SMA A dan SMA B SMA A kemudian pindah ke Jl. Pemuda dan sekarang menjadi SMA 3
* Pada tahun 1956 / 1967 dipecah menjadi SMA B.1 dan SMA B.2.
* Pada tahun 1960 / 1961 SMA B.1 diubah menjadi SMA I dan SMA B.2 menjadi SMA II dengan jurusan : PAS, PAL, SOS, dan BUD
* Pada tahun 1969 / 1970 SMA I dan SMA II digabung menjadi SMA I-II dengan satu kepala sekolah.
* Pada tahun 1977/ 1978 SMA I - II dipecah menjadi SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 yang kemudian menempati Gedung baru di Jalan Sendang Baru Semarang
* Pada tahun 1978 - sekarang untuk SMU Negeri 1 Semarang

Gedung kelas SMU N 1 Semarang

 SMU ini berdiri diatas areal tanah yang sangat luas. Beberapa orang guru mengklaim bahwa SMU ini merupakan SMU dengan areal lahan terbesar se Asia Tenggara. Benar atau tidaknya belum dibuktikan. Namun kuakui untuk berlari mengelilingi nya cukup menguras tenaga. Aku bersyukur dapat diterima bersekolah disini karena aku berasal dari luar kota dan hanya memperoleh kuota 20 orang dari total 400 siswa yang diterima. Meskipun semarang ini panas namun terasa sejuk sekali suasana di sekolah ini. Banyak pepohonan rindang dan ruang kelas yang besar khas bangunan Belanda.

Fasilitas SMU ku ini sangat lengkap, terdapat lapangan sepakbola di dalam areal sekolah, 2 buah lapangan basket 1 indoor dan 1 outdoor, sebuah kolam renang berukuuran 25x25 meter namun sayangnya pada saat aku bersekolah disini kolam renang tersebut ditutup. 2 buah aula serbaguna 1 berukuran besar lengkap dengan panggung dan backstage dan sebuah aula kecil yang dipergunakan untuk berlatih tari maupun bela diri pada saat hujan turun.

Satu hal yang unik, bangunan sekolah ini apabila dilihat dari atas berbentuk kalajengking seperti terlihat pada gambar disamping ini. Beberapa ruang kelas memiliki desain bertingkat seperti di ruang bioskop sehingga posisi guru yang menerangkan didepan dapat terlihat oleh semua siswa begitupun sebaliknya. Berbuat curang dalam ujian,,hehehe jadi hil yang mustahal di ruang kelas ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar